cara-merawat-mesin-bor
Machine Tools, Power Tools

CARA MERAWAT MESIN BOR

CARA MERAWAT MESIN BOR

Sebelum kita menggunakan mesin bor tentunya kita juga harus mengetahui terlebih dahulu cara penggunaannya dengan membaca manual book yang disertakan pada packaging. Dan hal yang tidak kalah pentingnya setelah anda sudah mengetahui cara penggunaan mesin bor adalah Cara merawat mesin bor tersebut. Hal ini adalah hal yang penting karena memang semua mesin harus dirawat sesuai dengan prosedur perawatannya agar mesin bor tersebut lebih awet digunakan dan selalu dalam performa yang maksimal.

Tetapi sebelum kami membahas tentang beberapa poin-poin dari cara merawat mesin bor yang baik dan benar, tentunya kami akan menjelaskan sedikit tentang apa itu mesin bor dan bagaimana pengoperasiannya yang benar. Dan jika kita dapat mengoperasikan dengan benar tentunya akan membantu performa mesin bor tersebut menjadi maksimal.

Cara-Merawat-Mesin-Bor

CARA MERAWAT MESIN BOR DENGAN PENGOPERASIAN YANG BENAR

Mesin bor adalah sebuah alat yang digunakan untuk melubangi bahan yang terbuat dari besi, kayu, plastik, tembok maupun bahan lainnya. Cara kerja dari mesin bor ini sendiri adalah dengan merotasi mata bor dengan kecepatan yang sangat cepat sehingga mampu melubangi objek yang disentuhnya. Karena cara kerjanya yang berotasi, mesin bor biasanya memiliki rotasi putaran mata bor ke kanan. Tetapi untuk beberapa tipe tertentu sudah dilengkapi dengan sistem rotasi dua arah yaitu rotasi kanan dan kiri. Kegunaan dari rotasi kanan umumnya adalah untuk melubangi objek yang disentuhnya, sedangkan untuk rotasi kiri umumnya digunakan untuk melepaskan mata bor dengan memutar arah sebaliknya. Sebagian mesin bor juga menggunakan rotasi kiri untuk melepaskan baut atau mur yang tertancap pada objek, sehingga tidak membutuhkan tenaga tangan manusia manual.

Baca juga:

PERBEDAAN MESIN BOR LISTRIK DENGAN BOR CORDLESS

Untuk merawat dengan cara mengoperasikan mesin bor tersebut secara benar, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

  • Periksa terlebih dahulu drill chuck apakah sudah terkunci dengan baik atau belum, karena hal ini tentunya dapat membahayakan keselamatan kerja anda jika mata bor terlepas dari drill chucknya (kepala mesin bor). Dan tentunya dapat merusak mesin bor jika mata bornya mengenai bagian kabel ataupun body.

  • Pastikan mata bor sudah terkunci dengan baik.

  • Sesuaikan mata dengan objek kerja yang akan dikerjakan.

  • Dalam membuka atau membongkar pasang mata bor, gunakanlah key chuck yang telah tersedia saat anda membeli mesin bor tersebut. Jangan menggunakan tangan anda untuk membuka pasang mata bor karena kekuatan tangan manusia tidak akan dapat mengunci mata bor dengan sempurna.

 

CARA MERAWAT RUTIN

Setelah kita tau bagaimana cara merawat mesin bor dengan menggunakannya secara benar, maka kali ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara merawat mesin bor secara rutin agar performanya terus bagus dan tidak menurun. Karena tentunya sebuah mesin membutuhkan perawatan berkala sama seperti mesin-mesin motor dan mobil yang ada saat ini. Semakin sering dirawat secara berkala, tentunya kinerja dan masa penggunaannya akan semakin lama. Untuk cara merawat secara rutin, dibutuhkan langkah-langkah yang kami sebutkan pada poin-poin dibawah ini :

  • Bersihkanlah selalu lubang verifikasi udara yang ada pada mesin. Anda dapat menggunakan kompresor angin untuk membersihkannya agar lebih cepat dan mudah.
  • Jangan gunakan mata bor yang tidak sesuai dengan objek kerjanya.
  • Periksalah selalu carbon brush, kalau sudah mencapai 6 mm panjangnya, maka carbon brush tersebut seharusnya diganti dengan yang baru.
  • Setiap penggantian Carbon brush yang baru, selalu gunakan grease ( gemuk ) baru pada gearnya.

Cara-Merawat-Mesin-Bor-Berkala

Cara-Merawat-Mesin-Bor-Rutin

 

Bagi anda yang ingin melihat produk-produk mesin bor kami, silahkan kunjungi link dibawah ini untuk produk detail dari mesin bor yang kami jual.

katalog-btn

OUR COLLECTION

Related Posts

3 thoughts on “CARA MERAWAT MESIN BOR

  1. Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

  2. Mike says:

    Wah boleh nih tutornya…makasih ya…kebetulan bor saya blm pernah saya cek

  3. Mlebu says:

    Izin nanya kang..
    Saya punya bor bosch tipe gsb550 ,kalo dalam posisi di nyalakan, ada sedikit percikan api di belakang ,
    Apakah itu normal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *