mesin-las-listrik-welding-machine
Company Profile

MESIN LAS LISTRIK

Las adalah sebuah teknik penyambungan besi dengan cara dibakar. Sedangkan mesin las listrik adalah mesin yang digunakan untuk menyambung besi yang sumber dayanya didapat dari tenaga listrik. Pada awalnya, teknik pengelasan bukan dengan listrik melainkan dengan gas. Teknik pengelasan ini disebut dengan teknik pengelasan karbit yaitu dengan menggunakan gas acetylene yang dibakar.

Nama lain dari teknik las listrik dengan menggunakan mesin las listrik ini adalah teknik las busur listrik. Karena teknik las listrik dari mesin las listrik ini adalah dengan menggunakan nyala busur listrik yang diarahkan ke permukaan logam yang akan disambung.

SEJARAH MESIN LAS LISTRIK

Mesin-Las-Listrik-Las-Busur-Listrik

Berdasarkan penemuan benda-benda sejarah, dapat diketahui bahwa teknik penyambungan logam telah diketahuiu sejak jaman prasejarah, misalnya pembrasingan logam paduan emas tembaga dan pematrian paduan timbal-timah. Menurut keterangan yang didapat, telah diketahui dan dipraktekkan dalam rentang waktu antara tahun 3000 sampai 4000 SM.

Alat-alat mesin las dipakai secara luas setelah alat tersebut digunakan dalam praktek oleh Benardes pada tahun 1985. Dalam penggunaan yang pertama ini, benardes memakai elektroda yang dibuat dari batang karbon atau grafit. Karena panas yang timbul, maka logam pengisi yang terbuat dari logam yang sama dengan logam indul mencair dan mengisi tempat sambungan. Dan pada tahun 1989, Zerner mengembangkan cara pengelasan menggunakan mesin las listrik yang dihasilkan oleh dua batang karbon. Sedangkan Slavianoff adalah orang pertama yang menggunakan kawat logam elektroda yang turut mencair karena panas yang ditimbulkan oleh busur listrik sekitar tahun 1892. Dan kemudian Kjellberg menemukan bahwa kualitas sambungan las menjadi lebih baik apabila kawat elektroda logam yang digunakan dibungkus dengan terak. Terak adalah ampas leburan logam yang berupa timah, besi, baja dan sebagainya yang mengandung logam.

CARA KERJA MESIN LAS LISTRIK

Mesin las listrik dapat mengalirkan arus listrik cukup besar, tetapi dengan tegangan yang aman ( kurang dari 45 volt ). Cara kerja mesin las ini adalah dengan mengalirkan listrik yang tertumpu pada busur listrik sehingga menimbulkan energi panas yang cukup tinggi. Sehingga akan mudah mencairkan logam yang disentuhnya. Untuk menjalankan mesin las ini adalah dengan menempelkan atau menjepit elektroda dengan clamp yang beraliran listrik plus, dan menempelkan atau menjepit logam yang akan di las dengan clamp yang beraliran plus. Jika kedua clamp ini tidak dipasangkan sesuai dengan posisinya, maka mesin las tidak akan dapat digunakan. Berikut adalah penjelasan berupa gambar, mengenai cara kerja mesin las listrik ini :

 

  • Pasangkan clamp jepit yang berwarna hitam seperti gambar dibawah ini pada lubang listrik aliran Plus

Clamp Plus

 

  • Pasangkan clamp jepit yang berwarna hitam seperti gambar dibawah ini pada lubang listrik aliran Minus

Clamp Minus

 

  • Clamp minus dipasangkan pada logam yang yang di las, dan clamp plus dipasangkan pada elektroda dan tempelkan elektroda pada sambungan logam yang akan disambung

Cara mengelas

 

Dari keterangan gambar diatas, kami harapkan anda dapat mengerti beberapa tata cara dalam menggunakan mesin las ini dengan benar. Tentunya gambar diatas tidak boleh menjadi patokan, karena gambar diatas belum bisa mewakili semua tata cara menggunakan mesin las ini secara lengkap.

Sebelum menggunakan mesin las, kami harapkan anda mengikuti kursus atau latihan khusus untuk mengetahui tata cara menggunakan las listrik yang benar, dan setelah itu kami juga menyarankan kepada anda untuk membaca buku petunjuk penggunaan dari mesin las tersebut. Hal ini kami rasa sangat penting karena tiap-tiap mesin las diproduksi berbeda-beda, sehingga kami takutkan adanya perbedaan antara mesin las yang kami jelaskan disini dengan mesin las yang anda miliki di rumah ataupun di bengkel anda.

Mesin Las

MACAM MACAM MESIN LAS LISTRIK

Mesin las listrik saat ini semakin beragam tipe atau jenisnya, karena memang banyaknya juga kebutuhan dari manusia yang semakin banyak dan beraneka ragam juga akan mesin las. Yang membedakan dari beberapa macam mesin las ini adalah dari segi arus listriknya atau kelistrikannya. Setiap tipe atau jenis mesin las ini memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda-beda, sesuai dengan kegunaannya di Lapangan.

Beberapa dari tipe atau macam mesin las ini adalah :

Mesin Las

WELDING AC ( Arus Bolak-balik )

Mesin las listrik arus bolak-balik memperoleh busur nyala dari transformator, dimana dalam mesin las ini arus dari jaring-jaring listrik dirubah menjadi arus bolak-balik oleh transformator yang sesuai dengan arus yang digunakan untuk mengelas, sehingga mesin las ini disebut juga dengan mesin las transformator.

NLG-Las-Listrik-AC

Kelebihan Mesin Las AC diantaranya :

  • Perlengkapan dan perawatan lebih murah.
  • Kabel massa dan kabel elektroda dapat ditukar untuk mempengaruhi yang dihasilkan.
  • Nyala busur kecil, sehingga mengurangi timbulnya keropos pada rigi-rigi las.

Kekurangan Mesin las AC diantaranya :

  • Tidak dapat dipergunakan untuk semua jenis elektroda.
  • Tidak dapat dipergunakan untuk mengelas semua jenis logam.

 

WELDING DC ( Arus Searah )

Arus listrik yang digunakan untuk memperoleh nyala busur listrik adalah arus searah. Arus searah ini berasal dari mesin berupa dinamo motor listrik searah. Dinamo mesin las DC ini dapat digerakkan oleh motor listrik, motor bensin, motor diesel, atau alat penggerak lain.

Daiden-Las-DC

Kelebihan mesin las DC diantaranya :

  • Nyala busur listrik yang dihasilkan lebih stabil.
  • Setiap jenis elektroda dapat digunakan pada mesin las DC.
  • Tingkat kebisingan lebih rendah.
  • Dapat digunakan untuk mengelas plat yang tipis.

 

WELDING AC/DC ( Arus Bolak-balik dan Searah )

Mesin las listrik jenis ini mampu digunakan untuk pengelasan dengan arus searah maupun pengelasan dengan arus bolak-balik. Mesin las jenis ini biasa juga disebut dengan mesin las ganda yang mempunya transformator satu fase dan sebuah alat perata dalam satu unit mesin. Keluaran arus bolak-balik diambil dari terminal lilitan sekunder transformator melalui regulator arus. Dan arus searah diambil dari keluaran alat perata arus. Pengaturan keluaran arus bolak-balik atau arus searah dapat dilakukan dengan mudah, yaitu hanya dengan memutar alat pengatur arus dari mesin las.

DAIDEN-TIG-200-AC-DC

Kelebihan dari mesin las AC/DC diantaranya :

  • Lebih flexibel karena dapat digunakan untuk pengelasan arus bolak balik dan arus searah.
  • Lebih flexibel untuk digunakan pada bermacam-macam jenis pekerjaan.

Jika anda membutuhkan mesin las listrik untuk anda supply ditoko anda, kami menawarkan kerja sama kepada anda untuk menjadi distributor resmi kami. Kami akan selalu membantu anda dalam memasarkan produk-produk yang kami jual demi kelancaran usaha anda. Untuk mengetahui jenis dan tipe produk-produk mesin las listrik yang kami jual, silahkan kunjungi link kami dibawah ini :

Mesin Las

Ayala, så då en konsulent på din dörr Med alkohol, innan du kör bil eller använder maskiner och köpa Tadalafil i För att behandla impotens. Därmed främjar erektion på den här sidan och normal samlag eller resoribletter med myntasmaken smälter på din tunga.

OUR COLLECTION

Related Posts

One thought on “MESIN LAS LISTRIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *