Jenis-Kompresor-nlg
Air Compressor, Air Tools, Machinery

TIPE-TIPE KOMPRESOR ( JENIS KOMPRESOR )

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang Tipe-Tipe Kompresor ( Jenis Kompresor ). Sebelum itu akan kami terangkan untuk pengertian kompressor terlebih dahulu. Kompresor adalah sebuah alat yang sangat berguna sebagai alat pembantu dalam segala aspek pekerjaan. Beberapa contohnya adalah untuk membantu anda dalam mengecat barang-barang anda agar lebih cepat selesai, untuk membantu menambahkan angin pada ban mobil ataupun motor anda, membersihkan mesin dan peralatan kendaraan lainnya, membersihkan air sisa pada kendaraan anda setelah dicuci dan masih banyak lagi kegunaan dari kompresor ini.

Mesin Kompresor masih tergolong dalam golongan Air Tools Machine, karena memang prinsip kerja dari mesin kompresor ini adalah menghasilkan udara. Kompresor berfungsi untuk membangkitkan / menghasilkan udara bertekanan dengan cara menghisap dan memampatkan udara tersebut kemudian disimpan di dalam tangki udara kempa untuk disuplai kepada pemakai (sistem pneumatik). Prinsip kerja sebuah kompresor adalah dengan mengambil fluida bertekanan dan bersuhu ruang untuk kemudian dipaksa masuk dalam sebuah ruang atau tabung untuk mengurangi volume sehingga tekanan akan naik. Kompresor dilengkapi dengan tabung untuk menyimpan udara bertekanan, sehingga udara dapat mencapai jumlah dan tekanan yang diperlukan. Tabung udara bertekanan pada kompresor dilengkapi dengan katup pengaman, bila tekanan udaranya melebihi.

TIPE-TIPE / JENIS KOMPRESOR

Kompresor memang memiliki bentuk yang sama jika dilihat sepintas. Tetapi nyatanya walaupun sama bentuknya, kompresor memiliki tipe-tipe / jenis kompresor yang berbeda. Untuk itu akan kami jelaskan sedikit mengenai tipe-tipe / jenis dari kompresor itu sendiri.

BACA JUGA:
KOMPRESOR LISTRIK

Tipe-tipe / Jenis-jenis dari kompresor dapat dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Kompresor Listrik
  2. Kompresor Manual

 

TIPE-TIPE / JENIS KOMPRESOR ( KOMPRESOR LISTRIK )

Kompresor Listrik - Tipe-tipe-Jenis-Kompresor

Kompresor listrik ini adalah kompresor yang menggunakan aliran listrik sebagai sumber energinya ( dapat menyala dengan menggunakan listrik ). Diluaran, kompresor ini sering juga disebut dengan kompresor portable, karena memang ukuran dari kompresor ini tidak terlalu besar, sehingga dapat dibawa kemana-mana atau dipindahkan dengan mudah.

Air Compressor

TIPE-TIPE / JENIS KOMPRESOR ( KOMPRESOR MANUAL )

Kompresor Manual - Tipe-tipe-Jenis-Kompresor

Kompresor Manual ini adalah Kompresor yang cara penggunaannya atau cara menghidupkannya adalah dengan cara menggerakkan roda starternya secara manual. Maksud dari menggerakkan roda starter secara manual adalah mengikat roda starternya dengan tali atau karet dan kemudian ditarik dengan keras agar roda starter berputar sampai mesin kompresor dapat menyala. Bahan bakar dari kompresor angin manual ini adalah dengan menggunakan bensin. Kompresor tipe ini sangat direkomendasikan pada penggunaan dengan tekanan tinggi.

Air Compressor

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *